Sabtu, 20 Oktober 2012

8 Gurun Terbesar di Dunia

Gurun adalah sebuah wilayah atau lanskap dari bagian bumi yang sangat rendah menerima curah hujan, jadi tidak mengherankan jika di gurun sangat panas dan seperti tidak ada kehidupan. Jenis-jenis gurun sangat beragam, ada yang berupa padang pasir, savana, tundra, stepa dan lainnya. Gurun banyak ditemui di belahan bumi bagian Afrika, Semenanjung Arab, wilayah Amerika, Asia, dan Australia. Berikut ini adalah 8 gurun terbesar di dunia.
Padang pasir

1. Sahara (9.100.000 km2)

Gurun Sahara adalah gurun pasir terbesar dan terluas di bumi ini. Gurun Sahara membentang luas meliputi beberapa negara yang sebagian besar masuk dalam wilayah Afrika Utara seperti; Aljazair, Chad, Egypt, Eritrea, Libya, Mali, Mauritania, Morocco, Niger, Sudan, Tunisia dan Western Sahara. Batas Sahara yaitu Samudra Atlantik di bagian barat,Pegunungan Atlas dan Laut Mediterania, Laut Merah dan Mesir di sebelah timur, Sudan dan lembah Sungai Niger di sebelah selatan. Landscape Gurun Sahara terdiri dari bukit pasir, bidang gundukan atau lautan pasir (erg), dataran tinggi batu (hamada), dataran kerikil (reg), lembah kering, garam flat (hamparan tanah yang tertutupi oleh garam, biasanya berwarna putih), dan bentang alam yang tidak biasa termasuk Richart Structure di Mauritania dimana terdapat Eye of the Sahara.
Gurun Sahara

2. Arabian Desert (2.330.000 km2)

Arabian Desert atau padang pasir Arab adalah padang pasir terluas kedua dan menempati sebagian besar wilayah Semenanjung Arab. Arabian Desert membentang dari Yaman, Oman, Irak, Kuwait, Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Arabian Desert merupakan kawasan konservasi tidak resmi yang direncanakan oleh Abu Dhabi, karena Arabian Desert mengalami kerusakan lingkungan seperti; aktivitas militer karena persenjataan yang digunakan AS dalam perang teluk, tumpahan minyak yang terjadi pada tahun 1990an karena sebanyak 1.164 sumur minyak Kuwait yang hancur telah mengkontaminasi padang gurun, tanah dan air tanah serta ekosistem setempat.
Gurun Arab

3. Gobi Desert (1 300 000 km2)

Gurun Gobi adalah gurun pasir terbesar ketiga yang membentang antara Mongolia (bagian selatan) dan RRC (bagian utara dan barat). Gurun Gobi terkenal karena Dataran Tinggi Tibet (di sebelah barat daya) dan merupakan lokasi kota-kota penting yang disebut Jalan Sutra di masa Kekaisaran Mongolia. Berbeda dengan Gurun Sahara dan Gurun Arab yang sebagian besar adalah padang pasir, Gurun Gobi sebagian tertutupi dengan batu telanjang tidak oleh pasir.
Gurun Gobi

4. Kalahari Desert (900.000 km2)

Ini dia lokasi pembuatan film God Must be Crazy diera tahun 1980an, Gurun Kalahari!. Gurun Kalahari membentang di negara Bostwana, Namibia dan Afrika Selatan. Kalahari adalah semi-gurun, dengan sebagian besar adalah savana berpasir. Curah hujan di Kalahari sangat sedikit dengan musim panas yang sangat tinggi. Landscape Gurun Kalahari sangat indah dan eksotis, dengan ekosistem yang beragam habitat hidup hewan liarseperti; gajah, jerapah, singa, cheetah, macan dan lainnya. Gurun Kalahari masih bisa untuk dapat ditinggali oleh manusia. Bushmen adalah sekumpulan orang yang telah tinggal di Kalahari selama 20 ribu tahun sebagai pemburu dan hidup secara nomaden seperti yang dilakukan Nixau dan keluarganya. Di Gurun Kalahari terdapat sungai permanen yang bernamana Okavango yang menjadi sumber kehidupan satwa-satwa tersebut dan para bushmen.
Gurun Kalahari

5. Patagonian Desert (670.000 km2)

Gurun Patagonia adalah gurun pasir terbesar kelima yang membentang antara Argentina dan Chili serta berbatasan dengan Pegunungan Andes di sebelah barat dan Samudra Atlantik di sebelah timur. Landscape Gurun Patagonia di bagian tengah didominasi oleh semak dan herba serta lembah, sungai dan ngarai. Gurun Patagonia terdiri dari dataran kerikil dan dataran tinggi dengan lembah-lembah yang berbatu, berpasir dan lansekap tanah liat bentuk dotting yang sangat indah hasil pahatan angin. Karena wilayah Gurun Patagonia hampir dekat dengan kutub selatan bumi, maka tidak jarang terdapat frost di gurun ini.
Gurun Patagonia

6. Great Victoria Desert (647.000 km2)

Beralih ke benua Australia, ada Great Victoria Desert yang terletak di Australia Barat dan Australia Selatan. Gurun Victoria Besar merupakan gurun tandus dan jarang dihuni oleh penduduk. Gurun Besar Victoria masuk dalam wilayah konservasi WWF ekoregion dan Cagar Alam Australia Barat. Di wilayah ini banyak terdapat flora dan fauna endemik seperti; pohon eucalyptus dan hewan-hewan marsupial (hewan yang memiliki kantung seperti kanguru).
Gurun Besar Victoria

7. Syrian Desert (520.000 km2)

Gurun Suriah adalah kombinasi gurun pasir dan padang rumput yang terbentang di Semenanjung Arab dengan negara meliputi; Syria, Yordania, Irak dan Arab Saudi. Berbatasan dengan lembah Orontes di sebelah barat dan Efrat di sebelah timur. Lanskap Gurun Suriah sangat luar biasa karena terbentuk oleh aliran lava dari daerah vulkanik dari Druze Jebel (wilayah gunung berapi di selatan Suriah), terdapat banyak oasis di Damaskus, gurun ini juga sangat berbatu dan memiliki banyak pegunungan.
Gurun Suriah

8. Great Basin Desert (492.000 km2)

Great Basin Desert adalah padang pasir terbesar di AS, gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Sierra Nevada di sebelah barat, Pegunungan Rocky di sebelah timur, Dataran Tinggi Columbia di sebelah utara serta Mojave dan gurun Sonoran di sebelah selatan. Great Basin Desert disebut gurun dingin karena lintang gurun ini terletak lebih ke wilayah utara dan memiliki ketinggian 4.000 hingga 6.500 kaki) serta dimusim dingin hujan yang jatuh seperti salju.
Gurun Besar Basin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar