Selasa, 23 Oktober 2012

7 Keajaiban Alam Dunia

Yayasan penentu 7 keajaiban alam dunia pada akhirnya tidak mendapatkan kontroversi serta kemarahan setelah dikeluarkannya daftar shortlistdari keajaiban alam dunia.
Dibawah ini merupakan Daftar yang telah ditetapkan sebagai 7 keajaiban alam dunia.

1. Uluru, Australia

Uluru Kata Tjuta juga dikenal sebagai Ayers Rock adalah sebuah formasi batu besar yang terletak di Australia tengah, di Northern Territory. Taman Nasional Uluru terletak di Uluru-Kata Tjuta, 400 km sebelah barat daya dari Alice Springs. Uluru adalah monolit terbesar kedua di dunia (setelah Gunung Agustus, juga di Australia) lebih tinggi dari 318 meter dan lingkar 8 km. Uluru kedalaman sekitar 2,5 kilometer ke dalam tanah. Uluru digambarkan oleh penjelajah Ernst Giles pada tahun 1872 sebagai kerikil yang luar biasa.
Uluru akan berubah warna ketika mengandalkan kilatan cahaya yang menyinarinya pada waktu yang berbeda. Sinar matahari terbenam akan menampilkan pemandangan luar biasa Uluru. Monolit ini terbentuk dari batu pasir disusupi dengan berbagai mineral seperti felspar (batupasir Arkosik) yang memantulkan cahaya merah sampai terbit matahari dan set membuat cahaya Uluru. Ini monolit mendapatkan warna karat dari proses oksidasi.
Uluru adalah tempat sakral bagi suku Aborigin (penduduk asli Australia) dan memiliki banyak mata air, lubang-lubang air, gua, dan lukisan kuno. Ayers Rock adalah nama yang diberikan oleh pemukim Eropa, yang diambil dari nama Perdana Menteri Australia Selatan, Henry Ayers.
Nama Uluru sendiri dalam bahasa Aborigin setempat (Arrente) dan sejak itu menjadi nama resmi, meskipun untuk banyak orang, terutama untuk warga non-Australia, masih menyebutnya Ayers Rock. Mutitjulu komunitas Aborigin yang tinggal di ujung barat Uluru. Kota Yulara resor, terletak 21 km dari Uluru yang terletak di luar taman nasional.
Uluru menjadi peringkat kedua dalam 7 keajaiban alam dunia.

2. Puerto Princesa Underground River, Philippines

Puerto Princesa Underground River, Philippines merupakan warisan Dunia yang menampilkan lanskap karst batu kapur yang spektakuler di samping sungai terpanjang traversable bawah tanah di dunia. Peregangan 8 kilometer, sungai ini mengarah ke sebuah gua bawah tanah / laguna umumnya dikenal sebagai “Katedral”, karena dimensi yang besar. Taman nasional ini meliputi ekosistem lengkap dari sungai bawah tanah yang berjalan di bawah pegunungan kapur karst langsung ke laut, jangkauan lebih rendah menjadikannya sering pasang surut. Daerah ini merupakan salah satu hutan yang memiliki tanaman bunga terkaya di Asia dan sangat beraneka ragam, banyak flora dan fauna yang endemik atau terkait dengan orang-orang dari Borneo.

3. The Great Barrier Reef, Australia

Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

4. The Amazon

The Amazon adalah hutan hujan di Amazon, Amerika Selatan. Wilayah ini, yang juga disebut Amazonia atau Amazon Basin, meliputi wilayah seluas tujuh juta kilometer persegi, walaupun hutannya sendiri seluas 5.5 juta kilometer persegi, terletak di sembilan negara: Brasil (dengan 60 persen hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis. Ini adalah rumah masyarakat adat, termasuk Urarina di Peru.

5. Pulau Komodo, Indonesia

Taman Nasional Komodo terletak di tengah kepulauan Indonesia, antara pulau Sumbawa dan Flores. Didirikan pada tahun 1980, awalnya tujuan utama Taman Nasional adalah untuk melestarikan binatang unik Komodo (Varanus komodoensis) dan habitatnya. Namun, setelah bertahun-tahun, tujuan dari  telah diperluas juga untuk melindungi keanekaragaman hayati seluruhnya, baik darat dan laut.

6. Grand Canyon, USA

Grand Canyon, USA sebuah ngarai tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Ngarai ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.
Ngarai ini, diciptakan oleh Sungai Colorado yang memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.
Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di ngarai sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok ngarai ini.

7. Iguazu Falls, Argentina/Brazil

Nama ini berasal dari Guaran atau kata-kata Tupi y [ɨ] (air) dan ûasú [Wasu] (besar). Legenda mengatakan bahwa dewa berencana untuk menikah dengan seorang pribumi cantik bernama Naipí, yang melarikan diri dengan kekasih Tarobá fana nya dalam kano. Dalam amarah, dewa diiris sungai menciptakan air terjun, mengutuk para pecinta ke jatuh kekal. Yang pertama Eropa untuk menemukan jatuh adalah Conquistador Spanyol Alvar Núñez Cabeza de Vaca pada tahun 1541, setelah yang salah satu jatuh di sisi Argentina bernama jatuh ditemukan kembali oleh Boselli pada akhir abad kesembilan belas, dan salah satu Argentina jatuh adalah namanya.

Iguazu Falls terpilih sebagai calon untuk menjadi salah satu New7Wonders of Nature oleh Tujuh Keajaiban Baru Dunia Foundation. Pada Februari 2009 ia peringkat kelima di Grup F, kategori untuk danau, sungai, dan air terjun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar